Sabtu, 28 Mei 2011
Cara Setting Karburator Sepeda Motor..
Cara Setting Karburator Sepeda Motor..
__________________________________________________ __________________________________________
__________________________________________________ __________________________________________
Karburator
dapat diartikan sebuah jantung bagi sepeda motor kita gan. Karena,
tanpa piranti penyuplai bahan bakar ini, mesin motor tak akan berfungsi.
Untuk itulah perlu adanya perhatian khusus terhadap part ini. Adanya
kendala yang menghambat aliran bahan bakar pada karburator, dapat
membawa masalah pada tunggangan kesayangan anda. Perawatan
maupun setting karburator bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, karena
adanya bagian- bagian penting yang ada di dalam karburator ini, apabila
agan masih kurang yakin untuk mencobanya sendiri, lebih baik
menyerahkan kepada yang ahli.
__________________________________________________ __________________________________________
Quote:
Langkah awal yang harus dilakukan sebelum menyetel karburator adalah dengan melihat spesifikasi dari tipe motor. Karena setiap tipe, spesifikasi yang ada pada jeroan karbunya pasti berbeda. Sebagai contoh, Satria F150 mempunyai Main Jet berukuran 112,5 mm, 12,5 mm untuk Pilot Jet dan 1 ¾ untuk putaran Pilot Air Screw-nya.
Kita juga bisa melihat kondisi motor. Apakah sudah ada perubahan ataupun penambahan pada parts pendukung, seperti knalpot racing atau yang lainnya. Karena adanya pergantian ini bisa mempengaruhi setelan pada karburator. Jika mendapati hal ini (sudah ada part pendukung), spesifikasi pada karbu pun harus ada perubahan. Jeroan pada karbu harus dirubah 2,5 – 5 step dari spek standard.
Jika semua kondisi karburator sudah dicek, tiba giliran kita untuk menyetelnya. Hidupkan mesin motor, pertahankan gas pada RPM 1.500 – 1.600. Kemudian, putar setelan udara (pilot air screw) sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan mengacu pada standarisasi yang sudah ada, kita akan mendapatkan hasil setingan yang sempurna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar